Feel Free For a Donation

Kamis, 19 Maret 2015

Jimmy Mahardhika (Seek Six Sick) Berbicara Tentang Suara-suara Eksperimental Dari Kebun Dan Ruang Bawah Tanah Rumahnya

Karena kebanyakan orang itu takut bahagia, dan kebahagiaan itu ternyata adalah jadi diri sendiri apa adanya.” (Jimmy Mahardhika)


1. Apa kabar anda dan Seek Six Sick?
Baik mas

2. Saya sempat mendengar Seek Six Sick beberapa kali tampil dalam format reuni, seberapa serius format tersebut?
Hahahaha, saya tidak tahu seberapa serius format reuni bagi saya. Setiap pertemuan bagaikan reuni bagi saya, karena orang yang pernah membantu dalam bermusik di SeekSixSick banyak sekali, keluar masuk, dan pada dasarnya SeekSixSick hanya berdua saya sama Soni. Jadi bila ada teman yangg dulu main musik lagi, saya anggap reuni ajalah, dan juga masih memainkan lagu-lagu yang lama.



3. Antara lukis dan musik, rupa dan suara, Apollonian dan Dionysian, apa yang hendak anda sampaikan tentang dua kesenian yang anda jalani ini?
Antara seni rupa dan musik saling mempengaruhi satu sama lain bagi saya, ada kalanya sebuah gambar bisa bersuara ketika saya melihatnya atau sebuah musik memunculkan gambar dalam benak  saya. Apa yang saya sampaikan? Saya sendiri kadang tidak tahu apa yang saya sampaikan, tapi kadang saya ingin menyampaikan sesuatu dari dua media tersebut, walau yang keluar kebanyakan adalah hal yang tak terduga.

Karya Lukis Jummy Mahardhika di salah satu event musik


4. Tahun 2006 (kalau tidak salah), anda sempat merilis album solo : JIMMY MAHARDHIKA “One World Order” dibawah bendera net label Yes No Wave,  ceritakan tentang proyek solo anda
Hampir 9 tahun yang lalu ya hehehehe, harusnya sudah berkarya lagi nih. Ok pada waktu itu saya mulai tertarik hal-hal spiritual, enlightment, cahaya, kesadaran kolektif dan perubahan jaman, dan saya curahkan hal ini dalam solo saya. Kira-kira seperti itu mas.

Album Solo JIMMY MAHARDHIKA “One World Order”


5. Sekali lagi, koreksi apabila saya salah, pada fase seperti apa, hingga akhirnya Seek Six Sick bisa sepenuhnya lepas dari bayang-bayang Sonic Youth (SY) sebagai influence kental di masa awal-awal karirnya?
Saya rasa SeekSixSick tidak akan melepas bayang-bayang SY, karena itu adalah cinta pertama. Saya rasa kita sepakat bahwa tidak pernah melupakan pacar pertama kita hahahah (maaf, mas saya ga pernah pacaran –red)

6. Ceritakan sedikit dong, tentang proyek sound dari kebun dan ruang bawah tanah anda
Oh ya itu adalah gabungan proyek dari video dokumenter Kebun Binatang (Rully Shabara dan Panca) dan saya. Ide awalnya adalah membuat ruang bagi musisi untuk sekedar jamming dari berbagai genre, tanpa ada konsep atau tema spesifik, hanya bertemu dan main bareng. Para musisi yang tampil tentu dikuratori terlebih dahulu. Penonton bukan hal utama diacara ini, makanya tanpa publikasi. Publikasi hanya untuk output acara berupa rekaman dan video youtube.
Diharapkan dari acara ini musisi yang belum saling mengenal bisa memunculkan ide-ide baru, juga memberi kesempatan yang muda untuk main dengan yang lebih tua, tidak ada yang lebih, egaliter
Tidak melulu musisi experimental, tapi kebanyakan bila salah satunya main noise yang lain kepancing hahahaha
jadinya experimental
Rencana kalau sudah 10 kali baru diadakan acara terbuka bagi khalayak


Eksperimen sound di pekarangan/kebun Jimmy Mahardhika

Eksperimen sound di ruang bawah tanah (basement) rumah Jimmy Mahardhika




7. oke mas, apa yang hendak anda sampaikan terhadap scene grunge tanah air, seperti bla bla bla believe that hero, atau semacamnya haha
Karena kebanyakan orang itu takut bahagia, dan kebahagiaan itu ternyata adalah jadi diri sendiri apa adanya. Jadilah diri sendiri, seberat apapun itu, kamu akan hidup sehat bahagia dan tidak mati. Hahahaha ok makasih mas sudah diajak sharing, salam dari Jogja, kalo ke jogja mampir lah hehehehe


Siap mas, terima kasih, Jogja selalu menyenangkan hati saya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar